pinasthika BRONZE SIMPLY2015

Don’t Bring Your Laundry Problem Home!

Cucian bagi sebagian orang merupakan hal yang remeh. Namun demikian, hal remeh sekecil apapun itu pun bukan tidak mungkin dapat membuka selubung masalah bagi kita. Problematika inilah yang coba diangkat oleh Syafa’at ketika dipercaya untuk menangani program TVC dari Simply Fresh Laundry.

Simply Fresh Laundry merupakan sebuah service provider yang memiliki ruang lingkup usaha di bidang jasa binatu. Melihat pada ranah usahanya, tim Syafa’at berupaya untuk mengangkat masalah inefisiensi kegiatan cuci-menyuci pakaian yang kerap dihadapi oleh orang. Kegiatan menyuci pakaian yang biasa dikesampingkan karena masalah kurangnya ketersediaan waktu sering sekali menghambat aktivitas kita. Imbasnya tentu adalah menumpuknya pakaian kotor yang justru dibutuhkan kondisi bersihnya untuk menunjang kebutuhan sandang kita. Atas dasar hal inilah tim Syafa’at mencoba untuk menjaring perhatian calon konsumen dengan menggerakan kampanye brand melalui TVC.

Penggunaan TVC sendiri untuk kampenye brand yang bergerak di bidang usaha ini termasuk jarang digunakan. Adapun media yang sering dimainkan oleh pemain bisnis ini adalah print ad atau social media content seperti poster dan brosur digital. Alasannya adalah faktor efisiensi produksi yang berujung pada daya finansial yang harus dikucurkan oleh klien kepada vendor. Faktor keberanian dan kreativitas di sinilah yang menjadi pembeda bagi Simply Fresh Laundry dan Syafa’at dengan kompetitor lain. Tentunya keberanian di sini juga harus ditopang dengan pertimbangan rasional, yaitu untuk mendapatkan awareness yang lebih kuat dibanding menggunakan media-media cetak konvensional.

Melanjutkan pada latar belakang tersebut, tim Syafa’at akhirnya menggiatkan usahanya dalam menggarap produk TVC untuk pengomunikasian pesan dari Simply Fresh Laundry yang dimulai dengan penulisan skenario video. Dengan tema olahraga basket, tim mencoba menggambarkan bagaimana urusan baju kotor dapat menghambat kegiatan kita. Setelah proses penulisan selesai, skenario tersebut diterjemahkan ke dalam produk video. Proses syutingnya sendiri dilakukan pada 28 Agustus 2015 di lapangan basket rumahan. Konsep simpel yang dibalut dengan gaya komedi ini diaplikasikan untuk penyampaian pesan yang mudah dalam nuansa hiburan. Dalam implementasi program ini, tim Syafa’at berusaha untuk mengomunikasikan suatu pesan bahwa beban cucian bukanlah penghambat bagi kita untuk menikmati aktivitas di waktu luang, karena pada satu konteks situasi yang sama terdapat Simply Fresh Laundry yang siap menjadi solusi atas persoalan pakaian kotor terkait. Secara singkat, pesan ini disimpulkan melalui untaian frasa “Jangan Bawa-Bawa Urusan Cucian, Plis!” yang ditamplikan di akhir storyline. Pesan inilah yang dimaksudkan tim untuk dikomunikasikan ke khalayak.

So, please! Don’t bring your laundry problem home!

Penulis: Idham Hanafiah – Strategic Planner