rsz_1poster

Speak to Change

Jalan semakin bercabang, teman seperjalanan pun kian beragam, kali ini tim Syafa’at berkesempatan untuk menangani program kampanye acara besutan Akademi Trainer. Ini merupakan acara grand launching untuk buku Jamil Azzaini yang bertajuk sama dengan nama event, yakni Speak to Change.

Speak to Change sendiri merupakan acara yang tidak hanya sekedar peluncuran buku semata, melainkan juga talkshow yang mengangkat seni atau kompetensi berbicara sebagai topik pembahasan. Event yang diseleggarakan pada 28 Oktober 2015 di Hotel Mercure, Hayam Wuruk, Jakarta Barat ini mengundang para trainer ternama sebagai pengisi acara, di antaranya adalah Fay Irvanto dan Adriano Giovani sebagai narasumber talkshow, serta Harri Firmansyah sebagai host.

Dalam proyek ini Syafa’at berperan sebagai agensi yang memberikan produk marcomm secara terintegrasi, dari mulai pembuatan desain komunikasi visual sampai penerapan strategi online campaign-nya. Seperti biasa, Syafa’at melibatkan seluruh tim dalam proses produksi konsep strategi komunikasi pemasarannya, dari mulai Account Executive yang menghimpun informasi dan membaca kebutuhan klien, Strategic Planner yang menganalisis masalah dan menyusun rancangan strategi komunikasinya, sampai Creative yang menerjemahkan creative brief menjadi produk jadi.

Syafa’at mencoba sebisa mungkin untuk menarik awareness audiens dalam kampanyenya. Beberapa strategi digital campaign diimplementasaikan untuk dapat meningkatkan efektivitas komunikasi Speak to Change dari mulai visual post berkonsep meme, motion graphic, teaser video acara, hingga post boosting. Di samping aktivitas pra-acara, Syafa’at juga mendukung penuh kegiatan saat event diselenggarakan dengan mereportase jalannya acara.

Secara umum, penanganan proyek ini terbilang sukses. Jumlah peserta yang melewati target adalah tanda bahwa Syafa’at sebagai agensi komunikasi pemasaran integratif telah berhasil dalam menjalankan tugasnya. Di sisi lain, Speak to Change pun telah sukses menghantarkan pengaruhnya kepada para peserta. Hal ini dapat terlihat dari antusiasme peserta, baik itu dari segi keikutsertaannya, maupun partisipasi aktif mereka saat mengikuti acara. Ini merupakan kesuksesan tim yang tidak hanya diraih berkat kontribusi kerja sama antara Akademi Trainer dan Syafa’at Marcomm semata, tapi juga keseluruhan pihak yang terlibat, dari mulai Butterly Act sebagai event organizer, para trainer yang mengisi acara, affiliates, sponsor-sponsor, mitra penyedia venue, dan lain sebagainya.

Hore untuk semuanya!

Penulis: Idham Hanafiah – Strategic Planner