pinasthika2015

Two Bronzes to Glory

Apa yang menjadi simbol pencapaian dari jerih payah yang telah kita lakukan? Sebelum melanjut lebih jauh, tentunya maksud “kita” di sini merujuk pada sebuah agensi komunikasi pemasaran di mana hal tersebut sesuai dengan konteks komunikator dari tulisan ini, yaitu Syafa’at Marcomm. Meneruskan pada pertanyaan tersebut, ada banyak hal yang muncul dalam pikiran di samping tentunya nilai kontrak sebuah proyek atau sebatas kepuasan klien yang disampaikan secara verbal. Apresiasi atau penghargaan adalah salah satu bentuk pencapaian yang diberikan oleh pihak netral dan kompeten kepada insan-insan kreatif di industri ini. Berhubungan dengan kata pengantar inilah penulis ingin membagi sebuah pengalaman berharga bagi Syafa’at yang telah menerima penghargaan terkait untuk yang kesekian kalinya yang menunjuk pada judul tulisan ini, yaitu Two Bronzes to Glory.

Two Bronzes to Glory menggambarkan sebuah pencapaian Syafaat Marcomm dalam malam penganugerahan Pinasthika edisi ke 16 pada 19 September 2015. Pada acara yang dihelat di Taman Budaya Yogyakarta ini tim Syafa’at diganjar dua penghargaan sekaligus, yakni piala perunggu dalam kategori Bawana untuk masing-masing karya TVC Simply Fresh Laundry dan Brand Activation Waroeng Steak and Shake.

Seperti yang tertera pada judul di atas, dua pengahargaan ini merupakan simbol motivasi bagi Syafa’at agar bisa terus menghasilkan karya-karya terbaiknya di masa depan. Kata “Glory” di sini bukanlah suatu ungkapan yang menyiratkan makna denotatif dari kejayaan sebagai akhir dari perjalanan Syafaat dalam berkarya. Tidak ada kepuasan dalam kejayaan, pencapaian hari ini bukanlah destinasi akhir, melainkan sebuah check point menuju hari-hari kejayaan berikutnya di masa mendatang. Meskipun begitu, tentunya hal ini tidak menyurutkan nilai apresiasi yang telah didapat oleh kawan-kawan dari tim Syafaat. Kata kuncinya adalah “Two”. “Two” atau “dua” merupakan cerminan dua sisi atas pencapaian ini. Sisi yang pertama menjelaskan bahwa pencapaian ini merupakan cerminan motivasi dalam berkarya untuk bisa meraih penghargaan-penghargaan selanjutnya. Sedang sisi yang kedua adalah pencapaian sebagai refleksi dari nilai juang, pengorbanan, dan jerih payah tim yang melatarbelakangi alasan mengapa kita memang pantas untuk mendapatkan penghargaan tersebut.

Well, in the end, this is not THE END, this is just THE BEGINNING.

Congrats, all!

Penulis: Idham Hanafiah – Strategic Planner